Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Minggu, 03 Januari 2010

Gorut Dijadikan Laboratorium Rumput Laut


Letak geografis Gorontalo Utara memang menunjang untuk pengembangan berbagai komiditi unggulan. Rumput laut misalnya, Gorontalo Utara yang baru dua tahun mekar ini dipilih untuk dijadikan sebagai lokasi laboratorium rumput laut. Kamis pekan lalu, PT. Helmi Karagenan Indonesia (HKI) dan Komisi dua Deprov Gorontalo di terima oleh Wabup Gorontalo Utara dalam membicarakan program tersebut.

Kedatangan Komisi dua Deprov dan PT. HKI ini bermaksud ingin mengembangkan kerja sama antara Gorontalo Utara dan PT HKI dimana Gorut akan di jadikan sebagai Laboratorium Rumput Laut di Gorontalo. Pihak HKI mengungkapkan alasan mereka memilih daerah ini, karena Gorut satu-satunya daerah yang memiliki garis pantai terpanjang di Gorontalo, yakni dengan panjang pantai 320 km. Nantinya para nelayan yang ada di dua Kecamatan di Gorut yakni Kwandang dan Anggrek akan diberikan bibit rumput laut secara cuma-cuma oleh PT HKI bibit.
Pihak HKI juga rencananya bukan saja memberikan bibit, tapi akan memberikan penyuluhan bagaimana cara mengembangkan rumput laut dengan baik. Setelah rumput laut siap untuk di panen, pihak HKI akan membelinya dengan standar harga nasional. Karena kendala utama Petani Nelayan Rumput Laut selama ini ungkap Indra, adalah masalah Pemasaran, dimana tidak ada Perusahaan resmi yang akan menampung hasil Rumput Laut para nelayan.
Dan Alhamdulillah Proyek ini mendapat respon positif dari Pemkab Gorut, karena bukan saja rumput laut, tapi PT HKI rencananya akan menjadikan Gorut sebagai Laboratorium Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo. Indra berharap dengan adanya kerja sama ini, potensi-potensi kelautan yang ada di Gorut dapat menjadi Investasi Plus bagi daerah ini. Indra juga mengucapkan terima ksih kepada Pemerintah Provinsi utamanya Komisi dua DPR Provinsi Gorontalo yang telah memediasi kerja sama ini. Rencananya dalam waktu dekat Pemkab Gorut menentukan lokasi yang tepat untuk di jadikan lokasi pembibitan. gpinfo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gabung Yu..cari tau tentang kultur Jaringan..